Pengertian dan Strategi Digital Marketing

Pengertian dan Strategi Digital Marketing

Dalam bahasa Indonesia Digital Marketing yaitu Pemasaran Digital. Kompetisi bisnis pada zaman sekarang sudah sangat berkembang pesat dengan cepat, beda dengan 10 atau 15 tahun yang lalu. Dulu, perusahaan menggunakan teknik penjualan door to door sebagai salah satu strategi pemasarannya. Tapi saat ini sangat berbeda, dan strategi door to door sudah tidak efektif lagi. Di era yang sudah canggih seperti saat ini, digital marketing menjadi strategi pemasaran yang cukup ampuh.

Jika ingin menguasainya, Anda harus mau mempelajari banyak media sekaligus dan mempraktikkan ilmunya. Berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian dan strategi digital marketing.

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing adalah salah satu cara untuk mempromosikan dan menjual produk yang dilakukan melalui media digital. Digital marketing adalah strategi atau upaya untuk memasarkan atau mempromosikan produk melalui segala jenis media digital. Media pemasaran digital mencakup saluran komunikasi yang sering kita jumpai, baik melalui jaringan Internet maupun jaringan lainnya seperti telepon dan televisi. 

Kini, berbagai perusahaan mulai menerapkan sistem berbasis internet untuk menjangkau pelanggan secara lebih luas. Pengguna Internet yang mencapai 59,5% di seluruh dunia turut memicu pertumbuhan platform e-commerce dan transaksi online lainnya.

Strategi Digital Marketing & Contohnya

1. Search Engine Optimization (SEO)

Poin pertama strategi digital marketing adalah SEO, yaitu usaha mendapatkan lebih banyak pengunjung website secara organik, tanpa memasang iklan. Contoh digital marketing di bidang SEO misalnya pembuatan artikel, optimasi kecepatan situs, pemasangan link situs di website lain, dan sebagainya.

2. Aktivasi Social Media (Instagram, Youtube, Tiktok, dan sebagainya)

Strategi digital marketing yang kedua adalah aktivasi media sosial. Contoh digital marketing di bidang social media misalnya mengunggah konten secara rutin ke medsos, membangun engagement dengan followers, melakukan endorsement, dan masih banyak lagi.

3. Knowledge Marketing

Knowledge marketing adalah strategi digital marketing dengan memberikan informasi bermanfaat atau ilmu baru kepada calon konsumen. Contoh digital marketing melalui penyebaran knowledge misalnya email marketing dan pembuatan ebook (buku digital) gratis.

4. Analisa dan Penelusuran Data

Dalam penerapan strategi digital marketing, penelusuran dan analisa data sangat penting dilakukan. Setiap keputusan yang diambil dalam proses pemasaran digital wajib berlandaskan pada data, mulai dari data media sosial sampai kampanye iklan online.

5. Hard-selling, Soft-selling, dan Hypno-selling

Digital marketing adalah salah satu jenis strategi dengan teknik penjualan paling banyak. Tiga istilah penjualan paling umum yang akan dengar selama menerapkan strategi digital marketing di antaranya hard-selling, soft-selling, dan hypno-selling.

6. Google dan Social Media Ads

Teknik ke-6 dari strategi digital marketing adalah Google dan Social Media Ads. Saat membuat Ads, Anda harus memastikan konten iklan punya pesan dan target konsumen yang tepat. Sehingga Ads tersebut bisa menghasilkan penjualan sesuai harapan.

7. Leads Generation

Poin ketujuh sekaligus terakhir dari strategi digital marketing adalah leads generation. Di dunia pemasaran, leads diartikan sebagai segala jenis kontak yang dapat dimanfaatkan untuk menghubungi konsumen, mulai dari nomor telpon, akun medsos, hingga email. Supaya bisa mendapat leads sesuai target, Anda bisa membuat konten-konten lead magnet (penarik leads), seperti seminar atau buku gratis.

Company History

10 Years
Experience

Kami adalah perusahaan IT Consultant Profesional yang bergerak dibidang Informatika dan Telematika. Memfocuskan kepada layanan jasa pembuatan website, Aplikasi Webbased, Aplikasi Android, IOS, SEO, Desain, Multimedia, Maintenance, Digital Marketing dan Project Sesuai kebutuhan/Custom.

Profesional
Berpengalaman
& Amanah

Cibuburweb.com memberikan pelayanan terbaik untuk mitra-mitra kami. Mengerjakan dengan cara Profesional dengan didukung SDM atau TIM Internal yang berpengalaman dan ahli dibidangnya, Mengerjakan sampai tuntas dan dijamin Puas. tidak hanya itu cibuburweb memiliki Legalitas yang terdaftar di Kemenkumham.


Kami Melayani Jasa Pembuatan Website dan Aplikasi di Wilayah Cibubur, Bekasi, Jakarta, Bogor, Tangerang dan Indonesia


Informasi lebih lengkap hubungi kami sekarang juga!

jasa cibubur web

Layanan
Profesional
Cibubur
Web.

cibuburweb.com

Branding & Identity

Bukanlah hal mudah menyampaikan pesan melalui desain, kami memiliki tim yang ahli dibidang untuk mengemas pesan anda.

cibuburweb.com

Web Design & Development

Kami menciptakan desain website yang sesuai keinginan, platform terbaru dan kemudah dalam penggunaan oleh orang awan sekali pun.

cibuburweb.com

Mobile Apps Development

Melayani jasa pembuatan aplikasi Android & IOS dengan bahasa pemprograman Native, Hybrid dan Cross mobile sesuai kebutuhan.

cibuburweb.com

SEO & Google Adword

Optimalkan Website & aplikasi dihal 1# Google untuk meningkatkan Pemasaran.

cibuburweb.com

Digital Marketing

Temukan target market yang tepat diwaktu dan tempat yang tepat untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas,

cibuburweb.com

Maintenance

Hemat waktu, Uang anda untuk operasional SDM, nikmati kemudahan Maintenance Website anda.

cibuburweb.com

Project Custom

Kami melayani project custom dengan fitur dan konsep sesuai dengan kebutuhan perusahan anda.

Logo WAN Teknologi

Portofolio Mobile Apps
Memberikan
Pelayanan Terbaik.

Aplikasi Android IAC

Aplikasi Android dan IOS Peternakan

Aplikasi Android dan IOS Halal Klik

Aplikasi Android Handheld

Aplikasi Android Gen Quran

Aplikasi Android dan IOS Top Driver

Logo WAN Teknologi

Portofolio Website
Memberikan
Pelayanan Terbaik.

Website Smart Film Indonesia

Website We Travel Trans

Website Rental Mobil

Website Eksportir IndoPepper

Website Mitra Jaya

Website Kawasaki Bogor

  Konsultasi Sekarang!