Jasa Pembuatan Aplikasi Cibubur

Kami melayani jasa pembuatan aplikasi android & ios professional di daerah cibubur dan sekitar nya. Dengan harga jasa pembuatan digital marketing  yang terjangkau dan professional. Cibubur web siap membantu.

1.Pengertian Android

Android adalah software besutan Google yang mencakup sistem operasi atau OS,middleware, dan aplikasi kunci yang berbasis Linux pada suatu gadget seperti telephone cellular, smartphone dan komputer tablet. Android persis seperti symbian yang dipergunakan oleh Nokia dan BlackBerry OS. Jelasnya seperti microsoft windows yang sangat dikenal baik oleh para pengguna komputer dan laptop. Jika dianalogikan, Android adalah windows-nya sedangkan smartphone atau komputer tablet adalah unit komputernya.
Android menyediakan platform terbuka (open souces) bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh berbagai macam piranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat piranti lunak untuk ponsel. Kemudian Google Inc mengembangkannya dengan cara membentuk Open Handset Alliance (OHD), konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, LG, Motorola, Qualcomm,T-Mobile, Samsung dan Nvidia.
Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan yang kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution. Keputusan Google Inc. mengembangkan Android dengan cara membentuk Open Handset Distribution dinilai sangat tepat karena melalui hal tersebut saat ini Android telah berhasil menjadi salah satu sistem operasi paling populer. Saking populernya Android pun dapat mengalahkan sistem operasi lain seperti iOS, Windows Phone, dan Blackberry.
Pengembangan aplikasi pada platform Android menggunakan bahasa pemrograman Java. Serangkaian aplikasi inti Android antara lain klien email, program SMS, kalender, peta, browser, kontak, dan lain-lain. Android bergantung pada versi Linux 2.6 untuk layanan sistem inti seperti keamanan, manajemen memori, manajemen proses, network stack, dan model driver. Kernel juga bertindak sebagai lapisan abstraksi antara hardware dan seluruh software stack.
Dengan sistem distribusi open sources yang digunakan Android, memungkinkan para pengembang untuk menciptakan berbagai macam aplikasi menarik yang dapat dinikmati oleh para penggunanya, seperti game, chatting dan lain-lain, hal ini pulalah yang membuat smartphone berbasis Android ini lebih murah dibanding gadget sejenisnya.

2.Sejarah Android

Android Inc. adalah sebuah perusahaan software kecil yang didirikan pada bulan Oktober 2003 di Palo Alto, California, Amerika Serikat. Didirikan oleh beberapa senior di beberapa perusahaan yang berbasis IT dan Communication, seperti: Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White. Menurut Rubin, Android Inc. didirikan untuk mewujudkan mobile device yang lebih peka terhadap lokasi dan preferensi pemilik. Dengan kata lain, Android Inc. ingin mewujudkan mobile device yang lebih mengerti pemiliknya. Sejarah Android pun dimulai dari hal tersebut.
Konsep yang dimiliki Android Inc. ternyata menggugah minat raksasa Google untuk memilikinya. Pada bulan Agustus 2005, akhirnya Android Inc, diakuisisi oleh Google Inc. Seluruh sahamnya dibeli oleh Google. Nilai pembelian Android Inc. ini oleh Google tidak ada release pastinya. Tetapi banyak yang memperkirakan nilai pembelian Android Inc. oleh Google adalah sebesar USD$ 50 juta. Saat itu banyak yang berspekulasi, bahwa akuisisi ini adalah langkah awal yang dilakukan Google untuk masuk ke pasar mobile phone.
Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White tetap di Android Inc. yang dibeli Google, sehingga akhirnya mereka semua menjadi bagian dari raksasa Google dan sejarah Android. Saat itulah mereka mulai menggunakan platform Linux untuk membuat sistem operasi bagi mobile phone.
Pada bulan Nopember 2007, terbentuklan Open Handset Alliance yang merupakan konsorsium dari beberapa perusahaan : Broadcom Corporation, Google, HTC, Intel, LG, Marvell Technology Group, Motorola, Nvidia, Qualcomm, Samsung Electronics, Sprint Nextel, T-Mobile dan Texas Instruments. Mereka sepakat untuk membuat open standard bagi mobile phone. Pada hari yang sama, mereka mengumumkan produk pertama mereka, yaitu Android yang berbasis Linux kernel versi 2.6.
Bulan Desember 2008, bergabunglah 14 perusahaan lainnya yaitu: ARM Holdings, Atheros Communications, Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, PacketVideo, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp dan Vodafone Group Plc. Hal ini merupakan langkah besar dalam sejarah Android untuk menjadi pemimpin dalam sistem operasi untuk mobile phone.
Sekitar September 2007 sebuah studi melaporkan bahwa Google mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler (akhirnya Google mengenalkan Nexus One, salah satu jenistelepon pintar GSM yang menggunakan Android pada sistem operasinya. Telepon seluler ini diproduksi oleh HTC Corporation dan tersedia di pasaran pada 5 Januari 2010). 22 Oktober 2008 branch HTC Dream merilis telepon selular pertama yang memakai sistem operasi Android. Pada akhir tahun 2009 diperkirakan di dunia ini paling sedikit terdapat 18-19 jenis telepon seluler yang menggunakan sistem operasi Android.
Pada 9 Desember 2008, diumumkan anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android ARM Holdings, Atheros Communications, diproduksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc. Seiring pembentukan Open Handset Alliance, OHA mengumumkan produk perdana mereka, Android, perangkat bergerak atau mobile yang merupakan modifikasi kernel Linux 2.6. Sejak Android dirilis telah dilakukan berbagai pembaruan berupa perbaikan bug dan penambahan fitur baru.
Untuk logo Android itu sendiri berasal dari sebuah game Arcade di era tahun 90an yang berjudul Gauntlet : The Third Encounter Arcade. Game ini hanya bertahan sebentar saja dan setelah itu menghilang. Dalam Gauntlet ada beberapa karakter yang salah satunyabernama Android. Jika karakter lain berbentuk manusia maka Android ini berbentuk makhluk aneh yang bisa saja disebut robot. Namun salah satu tokoh robot abu-abu yang memiliki dua antena bernama Android ini akhirnya menjadi maskot yang sangat di kenal di seluruh dunia sebagai sistem operasi Android. Untuk tulisannya Android itu sendiri menggunakan font Android Norad, dibuat oleh Ascender Corporation.


3. Perkembangan Android

Sejak pertama kali muncul 8 tahun silam sampai saat ini Android telah banyak mengalami perubahan yang sangat pesat. Hal tersebut terbukti dari diluncurkannya versi-versi Android dengan fitur-fitur yang semakin lengkap dan memuaskan para penggunanya. Kabar terbaru mengenai Android yaitu telah resminya peluncuran fitur Blackberry Messenger atau yang selama ini lebih dikenal dengan sebutan BBM. Mulanya fitur BBM hanya tersedia pada Blackberry saja, namun pada tanggal 21 September 2013 Android juga telah mengeluarkan fitur yang sama seperti itu. Hal ini masih menjadi pertanyaan banyak pihak karena banyaknya masalah yang muncul. Akan tetapi saat ini realitanya Android telah menjadi sistem program nomor satu di dunia. Dan para pecinta Android dengan setianya selalu menunggu munculnya berbagai versi-versi terbaru dari Android.

4.Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Android

Peran sistem operasi Android merupakan tonggak yang sangat penting dalam perkembangan arah kemajuan di bidang teknologi. Dengan adanya sambutan positif, nantinya Android akan mendominasi ranah ponsel sejagat. Faktor-faktor yang menyebabkan sistem operasi Android berkembang pesat antara lain:
1)       Setiap Versi Bertambah Baik
Dengan upgrade rutin yang dilakukan, setiap versi Android dijamin semakin baik performa maupun fiturnya. Versi terbaru yakni Android KitKat 4.4 menjanjikan penambahan kualitas yang signifikan.
2)    Smartphone Android memang bagus
Kesuksesan Android tidak lepas dari smartphone pengusung sistem operasi ini, yang memiliki bermacam fitur canggih. Sebut saja Droid X, Galaxy S sampai HTC Evo memiliki banyak kelebihan sehingga konsumen tertarik membelinya.
3)    Menguasai pasar bisnis
Pada awalnya, Google seakan terkesan membiarkan BlackBerry dari RIM menguasai pasar enterprise. Penjualan Android lebih terfokus pada konsumen umum. Namun setelah sukses di pasar consumer, kini Android mulai membidik pebisnis dan makin banyak kalangan korporat memakai Android ketimbang BlackBerry.
4)     Menandingi produk dari Apple
Dengan hanya memasarkan iPhone 3GS dan iPhone 4, Apple semakin kelabakan melawan Android. Lusinan smartphone Android bukanlah lawan yang sebanding meski iPhone sebenarnya masih sangat laris.
5)    Memanfaatkan celah pasar Microsoft dengan baik
Peruntungan Microsoft di ranah sistem operasi mobile kurang baik belakangan ini. Peluncuran Windows Phone 7 dinilai terlambat dan pangsa pasar mereka menurun. Hal ini memberi celah bagi Android meraih semakin banyak kue pasar smartphone.
6)    Dukungan vendor kelas atas
Dukungan penuh vendor kelas atas amat membantu melonjakkan popularitas Android. Bahkan mungkin tanpa dukungan nama-nama seperti Samsung, Motorola dan HTC yang menyajikan ponsel berkelas, Android tidak bakal sesukses sekarang.
7)    Reputasi baik merek Google
Reputasi merek Google yang hebat membuat para konsumen tidak meragukan Android. Mereka sepertinya memercayai Android akan memberikan sebuah pengalaman memakai smartphone yang bisa mereka nikmati.


4. Versi-Versi Android

 

1.     Android Beta (Versi 1.0/1.1)
2.        Android Cupcake (Versi 1.5)
3.     Android Donut (Versi 1.6)­­
4.     Android Eclair (Versi 2.0 / 2.1)
5.     Android Frozen Yogurt/ Froyo (Versi 2.2)

6.     Android Gingerbread (Versi 2.3)
7.   Android Honeycomb (Versi 3.0/ 3.1)
8.     Android Ice Cream Sandwich/ ICS (Versi 4.0)
9.     Android Jelly Bean (Versi 4.1)
10.  Android Jelly Bean (Versi 4.2)


Fitur-Fitur Android

Android memiliki berbagai fitur yang dapat terbilang cukup lengkap. Fitur-fitur yang terdapat dalam Android diantaranya yaitu:
a.    Messaging  (Pesan)
SMS dan MMS tersedia bentuk threaded pesan termasuk pesan teks.
b.    Connectivity (Konektivitas)
Android mendukung teknologi konektivitas termasuk GSM/EDGE, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, dan Wi-Fi.
c.     Handset Layout
Platform disesuaikan dengan lebih besar, VGA, grafik 2D perpustakaan, grafis 3D perpustakaan berdasarkan open GL ES 1,0 spesifikasi, dan tata letak smartphone tradisional.
    

 Kelebihan Android


Terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki Android dibanding dengan sistem program yang lain, yaitu:
-     Android bersifat open source sehingga mudah untuk para developer mengembangkannya.
-     Multiple Devices, dalam artian bahwa para pengguna Android dapat menggunakan satu akun untuk banyak gadget.
-   Widget pada android memiliki fungsi yang krusial, selain sebagai shortcut ketika akan menjalankan aplikasi. Juga bisa digunakan untuk secara langsung menjalankan fitur aplikasi tanpa perlu membuka aplikasinya terlebih dahulu. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggunanya.
-     Multi Tasking, yaitu dapat menjalankan berbagai aplikasi dalam waktu yang bersamaan.
-     Kemudahan dalam notifikasi, karena setiap ada SMS, E-mail, notifikasi facebook atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader, akan selalu ada notifikasi di Home Screen ponsel Android.
-     Pilihan ponsel yang beranekaragam.
-  Tersedianya Android Market, sehingga cara mendapatkan sistem operasi Android pun terbilang mudah.
- Fleksibel, karena dapat digunakan dalam berbagai macam platform hardware.        
-  Memberikan pilihan untuk memilih hardware yang digunakan.
-   Akses mudah terhadap ribuan aplikasi Android lewat Play Store.
-  Stabil dan tidak mudah error.
-  Harga yang relatif murah.
-  Merupakan realisasi Cloud Computing, karena semua fitur Google sudah terintegrasi dengan mobile yang terpasang Android. Kontak pada telepon seluler pun akan tersimpan secara otomatis pada akun Google.

Kelemahan Android
Walaupun memiliki banyak kelebihan, namun Android juga memiliki beberapa kelemahan. Diantaranya yaitu:
-  Kurang nyaman apabila digunakan untuk telepon.
-  Harus terkoneksi internet.
-  Membingungkan ketika pertama kali digunakan.
-  Tidak terdapat Microsoft Office.
- Penggunaan baterai yang terbilang boros sehingga harus sering mengisi kembali baterainya.

Hubungi Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut Terkait Jasa Pembuatan Aplikasi di Cibubur
Telpon/WhatsApp : 085814265462 (Riska Juliani)

Kami juga melayani :
Jasa Pembuatan Aplikasi dan Website di Cibubur
Jasa Pembuatan Aplikasi dan Website di Bojongsari
Jasa Pembuatan Aplikasi dan Website di Tanah Baru
Jasa Pembuatan Aplikasi dan Website di Sukamaju
Jasa Pembuatan Aplikasi dan Website di Cinere
Jasa Pembuatan Aplikasi dan Website di Pangkalan Jati Baru
Jasa Pembuatan Aplikasi dan Website di Jakarta
Jasa Pembuatan Aplikasi dan Website di Surabaya
Jasa Pembuatan Aplikasi dan Website di Bogor
Jasa Pembuatan Aplikasi dan Website di Yogyakarta
Jasa Pembuatan Aplikasi dan Website di  Bali
Jasa Pembuatan Aplikasi dan Website di Grogol
Jasa Pembuatan Aplikasi dan Website di Mekar Jaya
Jasa Pembuatan Aplikasi dan Website di Abadi Jaya
Jasa Pembuatan Aplikasi dan Website di Cimanggis